Cara Memanfaatkan WA Bisnis

WhatsApp Bisnis - Bisnis online saat ini mulai banyak digeluti oleh orang-orang. Apalagi, saat ini pandemi corona masih belum usai dari negara kita. Banyak aktifitas aktifitas yang lumpuh sehingga menyebabkan laju ekonomi menjadi terhenti. Bahkan saat ini banyak sekali perusahaan besar yang mulai gulung tikar akibat dampak dari pademi ini. Tapi tidak sedikit juga pengusaha yang mulai memanfaatkan teknologi digital untuk mempertahankan usahanya ditengah krisis ekonomi akibat virus korona ini.


whatsapp bisnis blast
WhatsApp Business


Selain media sosial, para pebisnis juga biasanya memanfaatkan aplikasi perepsanan instan untuk membantu mempertahankan usaha mereka. salah satu contoh dari apliukasi perpesanan instan yang banyak digunakan oleh para pebisnis saat ini adalah WhatsApp Bisnis.

Aplikasi WhatsApp bisnis ini merupakan aplikasi yang berbeda dari WhatsApp biasa yang digunakan untuk chatting. Aplikasi WhatsApp bisnis ini memiliki fitur yang ada pada aplikasi WhatsApp biasa, tapi ditambah dengan fitur-fitur khusus untuk membantu para pebisnis serta dapat digabungkan dengan platform WhatsApp Blast.

Di antara banyaknya fitur-fitur yang ada pada aplikasi WhatsApp bisnis seperti Pesan Otomatis, Profil Bisnis, Pesan Cepat dan Label. Pesan Otomatis ini yang merupakan salah satu fitur unggulan dari aplikasi Whatsapp Bisnis yang banyak digunakan oleh para penggunanya.

Fitur Pesan Otomatis ini memungkinkan Anda untuk dapat mengirimkan pesan yang sudah Anda atur sendiri waktu pegirimannya secara otomatis ke kontak yang Anda tuju.


WhatsApp bisnis blast
WA bisnis


Misalnya, ketika Anda berada di luar kantor/toko, Anda dapat mengatur pesan otomatis di luar jam operasional yang dikirim secara otomatis ketika ada konsumen yang mengechat Anda saat berada diluar kantor atau diluar jam operasional kantor.

Anda juga bisa mengatur sendiri jadwal pengiriman pesan otomatis di luar jam kerja untuk dinyalakan pada waktu tertentu, misalnya pada hari saat jadwal kantor/toko tutup atau libur. Dengan begitu para konsumen Anda tetap bisa mendapatkan kabar jika toko atau kantor Anda sedang libur dan tidak beroperasional.

Fitur ini juga dapat digunakan untuk membuat ucapan selamat datang untuk memperkenalkan bisnis Anda ke konsumen yang baru bergabung atau baru membeli produk dari Anda.

Cara menggunakan fitur pesan otomatis di Whatsapp Bisnis ini sangat mudah. Dibawah ini adalah tutorial mengenai cara menggunakan fitur pesan otomatis pada aplikasi WhatsApp bisnis:

  • Buka aplikasi WhatsApp Bisnis Anda.
  • Pilih Opsi lainnya pada ikon yang berlambang titik 3 dipojok kanan atas.
  • Pilih Fitur bisnis, lalu pilih opsi Pesan di luar jam kerja (Away Message).
  • Hidupkan fitur Send Away Message.
  • Pilih kolom yang tersedia untuk membuat isi pesan yang akan dikirim secara otomasi oleh fitur ini, dan ketika sudah selesai silahkan pilih OK.
  • Pada bagian Jadwal (Schedule), pilih salah satu diantara opsi dibawah ini:

    1. Selalu kirim (Always Send), untuk mengirim pesan secara otomatis pada setiap waktu
    2. Jadwal khusus (Custom schedule), untuk mengirim pesan secara otomatis hanya pada waktu yang sudah ditentukan
    3. Di luar jam kerja, untuk mengirim pesan secara otomatis hanya ketika berada diluar jam kerja atau jam operasional bisnis Anda. Opsi ini akan terbuka apabila Anda sudah mengatur jam operasional pada profil akun whatsapp bisnis Anda.

  • Pada bagian Penerima, pilihlah salah satu di antara opsi dibawah ini:

    1. Semua orang
    2. Semua orang yang tidak ada di daftar kontak
    3. Semua orang, kecuali.. (mengirim pesan ke semua kontak kecuali kontak yang dikecualikan)
    4. Hanya kirim ke.. , (hanya akan mengirim pesan ke kontak yang dituju)

  • Ketika sudah selesai, silahkan tekan tombol simpan atau save.

Dengan mengikuti cara diatas Anda sudah mengaktifkan fitur pesan otomatis untuk mengirimkan pesan secara otomatis ke konsumen Anda pada waktu-waktu tertentu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Dengan WhatsApp Blast Kita Bisa Apa Aja

WhatsApp Blast  - Banyak yang bertanya tanya, untuk apa kita menggunakan WhatsApp blast? Dan apa saja yang dapat kita lakukan dengan platfor...