Trik Email Blast Marketing Yang Jitu Gratis

Email Blast Gratis - Pada artikel kali ini, saya akan membagikan tips jitu campaign email blast marketing yang sukses dan bisa Anda terapkan pada bisnis Anda secara gratis.

Tujuan dibuatnya tips ini agar email blast marketing yang Anda lakukan dapat berjalan dengan baik, sesuai target, dan dapat mencapai hasil yang maksimal.


Tips Jitu Melakukan Campaign Email Blast Marketing Gratis


Tips Jitu Melakukan Campaign Email Blast Marketing Gratis
Tips Jitu Melakukan Campaign Email Blast Marketing Gratis

  1. Memilih Platform Email Marketing Yang Tepat

Anda tidak akan bisa menggunakan platform email biasa seperti Gmail atau Yahoo untuk membuat campaign email blast marketing. Alasannya karena platform tersebut memiliki kekurangan yaitu, limitasi dalam mengirim ke banyak alamat email. Oleh karena itu, Anda memerlukan platform Email Blast Marketing yang tepat, yang dapat membantu Anda untuk mengirimkan email yang Anda buat ke jutaan konsumen yang Anda miliki.

Beberapa penyedia platform Email Blast Gratis yang dapat Anda coba antara lain, MailchimpOCA IndonesiaVerticalResponse. Anda dapat memilih salah satu dari penyedia platform tersebut, ketia penyedia platform tersebut memiliki reputasi yang sangat baik dan sudah banyak digunakan oleh para pemilik bisnis untuk kegiatan campaign email blast marketing. Akan tetapi, penyedia platform email blast yang paling banyak digunakan di Indonesia adalah milik OCA Indonesia.

Untuk lebih jelasnya Anda dapat mengujungi situs resminya di ocaindonesia.co.id.

 

  1. Membuat List Email Konsumen

Berikutnya Anda harus membuat list alamat email konsumen yang Anda ingin kirimkan email blast marketing. Pada tahap ini Anda diharapkan sudah memiliki database list alamat email konsumen Anda, jadinya Anda hanya tinggal mengiputkan saja alamat email konsumen Anda ke platform email blast gratis yang Anda gunakan.

Lalu, jika belum memiliki database alamat email konsumen, apa yang harus Anda lakukan? Anda dapat melakukan hal-hal dibawah ini untuk mengumpulkan list alamat email konsumen Anda sendiri.

  1. Tawarkan Penawaran Eksklusif dan Diskon Khusus

Anda dapat menawarakan penawaran yang sifatnya eksklusif dan khusus bagi konsumen yang mau menerima dan memberikan alamat emailnya.

 

  1. Adakan Giveaway atau Kontes

Anda dapat membuat acara giveaway atau kontes berhadiah untuk mengumpulkan alamat email konsumen Anda. Konsumen yang ingin ikut serta kedalam acara giveaway/kontes diwajibkan untuk registrasi menggunakan alamat email mereka.

 

  1. Bagikan Konten Gratis

Anda dapat membagikan konten gratis kepada pengujung website Anda. Seperti e-book ataupun video tutorial yang masih relevan. Dengan ketentuan harus mendaftarkan nama dan emailnya terlebih dahulu.

 

  1. Melakukan Segmentasi

Setelah mendapatkan email konsumen, Anda pastinya akan menemukan beberapa jenis konsumen. Sehingga Anda harus mengelompokkan mereka menjadi beberapa segmentasi yang sama. Tujuan melakukan segmentasi ini adalah untuk mengoptimalkan hasil email blast marketing yang Anda kirim.

Segmentasi konsumen dapat dibuat berdasarkan beberapa aspek seperti data demografi, minat konsumen, lokasi mereka  tinggal dan lain sebagainya.

 

  1. Membuat Konten Yang Menarik

Setelah segmentasi konsumen sudah dibuat, maka langkah berikutnya adalah membuat konten yang menarik untuk kegiatan email marketing.

Berikut ini adalah beberapa hal yang harus Anda perhatikan ketika membuat konten untuk kegiatan email marketing agar terlihat menarik:

  1. Subject Email

Subject email merupakan hal pertama yang akan dilihat oleh penerima email. Jadi, pastikanlah Anda membuat subject email yang singkat padat jelas dan menarik agar email Anda langsung dibuka oleh konsumen.

 

  1. Body Email

Tips membuat isi body email:

  • Konten email yang harus dibuat setidaknya singkat jelas dan tidak bertele-tele.
  • Gunakan elemen visual seperti gambar yang mendukung dan relevan dengan informasi yang dimuat pada body email.
  • Gunakan kata-kata atau bahasa yang jelas dan sopan serta tidak bertele-tele dalam menjelaskan maksud dan tujuan email marketing dibuat.

 

  1. Menambahkan CTA (Call to Action)

CTA (Call to action) merupakan sebuah tombol atau link yang berfungsi untuk mempersuasi konsumen agar mau melakukan sesuatu, biasanya konsumen akan diminat untuk mengklik atau mengujungi halaman website yang sudah disediakan.

Letakkan CTA pada bagian bawah, agar klien yang berminat dengan penawaran kamu, bisa langsung mengklik CTA tersebut.

 

  1. Bangun dan Jaga Komunikasi yang Baik Dengan Konsumen

Tips yang berikutnya yang bisa Anda lakukan adalah membangun dan menjaga komunikasi yang baik dengan konsumen. Dengan menjaga komunikasi yang baik dengan konsumen, maka bukan tidak mungkin konsumen Anda akan menjadi konsumen yang loyal dan setia terhadap bisnis Anda. Hal ini tenunya akan berdampak posifit terhadap bisnis Anda bukan.

Terdapat beberapa cara untuk menjaga dan membangun komunikasi yang baik dengan konsumen, seperti:

  • Menawarkan produk atau layanan terbaru kepada mereka.
  • Memberikan berbagai penawaran serta diskon yang spesial untuk mereka.
  • Mengirimkan informasi yang bermanfaat serta mengucapkan hari ulang tahun kepada mereka.

 

  1. Evaluasi Kegiatan Email Blast Marketing

Tips terakhir yang penting untuk Anda lakukan adalah melakukan evaluasi dari campaign email blast marketing yang Anda buat. tujuannya adalah untuk memperbaiki kesalahan yang sudah pernah Anda buat dan menciptakan strategi yang lebih efektif lagi kedepannya.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Dengan WhatsApp Blast Kita Bisa Apa Aja

WhatsApp Blast  - Banyak yang bertanya tanya, untuk apa kita menggunakan WhatsApp blast? Dan apa saja yang dapat kita lakukan dengan platfor...