Cara WhatsApp Bisnis Chatbot Menolong Bisnis Anda

WhatsApp Bisnis - Saat ini, industri digital tengah dihangatkan dengan perbincangan mengenai perkembangan teknologi Artificial Intelligence (AI) atau teknologi kecerdasan buatan, yang salah satu bentuk implementasinya dapat dilihat pada fitur chatbot yang dimiliki oleh aplikasi WhatsApp Bisnis.

Alasan mengapa teknologi AI ini diterapkan pada aplikasi WhatsApp bisnis adalah karena dapat menolong para penggunanya terutama para pemilik bisnis untuk meningkatkan konversi penjualan produk dalam bisnisnya. Apalagi, saat ini para pemilik brand dituntut untuk selalu cepat dan sigap dalam menangani masalah atau keluhan dari konsumen. Hal tersebut tentunya dapat berdampak serius untuk bisnis Anda, jika tidak diperhatikan.

Keluhan dan masalah yang dialami oleh para pemilik brand tentunya dapat diatasi dengan menggunakan aplikasi yang memiliki fitur chatbot seperti aplikasi WhatsApp Bisnis. hal itu dikarenakan teknologi chatbot ini mampu menjawab masalah customer service dalam suatu bisnis.

Yang menjadi pertanyaan saat ini adalah, apakah chatbot dari WhatsApp Bisnis ini masih efektif untuk digunakan pada saat ini? Sebelum saya menjawab pertanyaan tersebut, alangkah lebih baik kita melihat dulu tren teknologi chatbot dari masa kemasa.

WhatsApp Bisnis Dan Chatbot Masih Efektif Untuk Tahun Ini?


WhatsApp Bisnis Dan Chatbot Masih Efektif Untuk Tahun Ini?
WhatsApp Bisnis Dan Chatbot Masih Efektif Untuk Tahun Ini?

Tren Teknologi Chatbot Dari Masa Kemasa

Secara penggunaan, teknologi chatbot saat ini sudah digunakan dan dimanfaatkan oleh hampir semua jenis bisnis di dunia ini. Teknologi chatbot sebenarnya sudah ada sejak tahun 1966. Dari awal teknologi chatbot ditemukan hingga sampai saat ini, teknologi chatbot sudah banyak digunakan oleh perusahaan untuk mengatasi kebutuhan akan layanan & pengaduan konsumen yang cepat dan mudah, terutama untuk menjawab panggilan telepon dan membalas chat pertanyaan dari konsumen.

Pada masa-masa awal pengembangannya, teknologi chatbot ini masih sangat kaku. Hal tersebut dikarenakan, program chatbot pada waktu itu masih dibuat secara sederhana. Sehingga masih belum bisa menangani permintaan diluar dari fungsi yang sudah dibuat pada program chatbot tersebut. Fungsi dari chatbot ini pun masih sangat sederhana pada waktu tersebut, yaitu hanya baru bisa menjawab panggilan telepon serta mengarahkan konsumen menuju saluran yang diinginkan.

Memasuki dekade 2000, teknologi chatbot tidak lagi hanya difungsikan untuk menerima dan menjawab telepon dari konsumen saja, tetapi sudah berkembang menjadi bagian penting dari tim sales untuk menarik data leads serta membantu tim marketing untuk melakukan kegiatan promosi.

Saat ini, teknologi chatbot sudah sangat jauh berkembang dan sudah tidak kaku lagi seperti dulu. Bahkan saat ini, teknologi chatbot dapat menjawab pertanyaan-pertanyaan yang tidak ada didalam programnya. Hal itu dikarenakan pada saat ini teknologi chatbot sudah dikombinasikan dengan teknologi AI guna meningkatkan performa dan fungsi dari teknologi chatbot tersebut.

Beberapa contoh teknologi yang menarapkan chatbot dan AI menjadi satu, seperti Siri dari Apple, Google Assistant dari Google, Cortana dari Microsoft dan Alexa dari Amazon.

Dengan mengetahui hal tersebut, pastinya Anda dapat membayangkan bertapa pentingnya teknologi chatbot pada saat ini bukan? jika masih belum bisa menangkapnya, silahkan simak penjelasan berikut ini tentang cara chatbot dapat meningkatkan konversi penjualan dalam bisnis.

 

Cara Chatbot Meningkatkan Konversi Penjualan


Cara Chatbot Meningkatkan Konversi Penjualan
Cara Chatbot Meningkatkan Konversi Penjualan

Teknologi chatbot ini sudah banyak digunakan oleh sebagian besar pemilik bisnis dikarenakan ekspektasi konsumen terhadap layanan mereka sangat tinggi. Saat ini, kebanyakan konsumen menginginkan brand memiliki respons yang cepat dan tanggap terkait dengan masalah produk ataupun pertanyaan konsumen. Oleh karena hal itu, banyak pemilik bisnis saat ini sudah mulai menerapkan teknologi chatbot pada bisnis milik mereka.

Dengan menggunakan teknologi chatbot, konsumen dapat menghubungi pihak brand kapanpun dan dimanapun mereka mau. Konsumen tentunya juga akan langsung mendapatkan jawaban dari pertanyaan mereka dengan cepat dan tepat. Hal itulah yang membuat keberadaan teknologi chatbot ini sangat membantu sekali.

 

Menggunakan fitur chatbot untuk kebutuhan bisnis tentunya dapat mempermudah dan mempersingkat perjalanan atau pengalaman konsumen ketika mengujungi website/aplikasi bisnis Anda. Biasanya, sebelum konsumen membeli sesuatu mereka terlebih dahulu akan mencari informasi terkait produk tersebut di internet ataupun pada website yang mereka tuju.

Cara ini bisa dibilang terlalu lama dan tidak praktis, apalagi jika website Anda sudah memiliki banyak produk. Tentunya hal tersebut akan memperlambat konsumen untuk menemukan informasi terkait dengan produk yang mereka cari bukan.

Neil Patel pernah mengatakan pada salah satu artikelnya tentang kendala yang menyebabkan rendahnya konversi adalah ketika konsumen tersebut tidak bisa menemukan dengan cepat informasi terkait dengan produk yang sedang mereka cari.

Akan tetapi, dengan adanya teknologi chatbot ini, tentunya akan memudahkan perjalanan konsumen dalam mencari informasi ataupun produk yang mereka cari dengan singkat. Hal ini tentunya dapat meningkatkan peluang terjadinya konversi.

 

Selain itu, teknologi chatbot pada WhatsApp bisnis juga dapat kita manfaatkan untuk meningkatkan layanan customer service pada bisnis kita. Dengan menerapkan chatbot WhatsApp bisnis ini, Anda sudah tidak perlu lagi khawatir dengan chat ataupun pesan yang tidak bisa terjawab. Karena pesan tersebut akan dijawab oleh sistem chatbot secara otomatis, dengan begitu konsumenpun tidak perlu mengunggu waktu yang lama untuk mendapatkan balasan pesan atau informasi dari Anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Dengan WhatsApp Blast Kita Bisa Apa Aja

WhatsApp Blast  - Banyak yang bertanya tanya, untuk apa kita menggunakan WhatsApp blast? Dan apa saja yang dapat kita lakukan dengan platfor...