Cara Menghapus Kontak WhatsApp

whatsapp bisnis

Cerita Bisnis - Kadang kita memiliki beberapa kontak yang tidak terpakai atau penggunanya sudah berganti ke nomor yang baru. Sebagai solusinya, para pengguna aplikasi WhatsApp bisnis tersebut harus menghapus kontak-kontak yang sudah tidak terpakai tersebut secara satu-persatu dan harus manual. Karena sampai saat ini, aplikasi WhatsApp belum menyediakan fitur hapus kontak secara otomatis.

Untuk beberapa kasus, menghapus kontak pada aplikasi WhatsApp bisnis dari perangkat memang bisa dengan mudah untuk dilakukan. Yang mana, pengguna hanya tinggal masuk kedalam aplikasi kontak milik mereka lalu menghapus kontak yang ingin dihapus tersebut.

Tapi dibeberapa kasus, meski pengguna sudah menghapus kontak tersebut dari aplikasi kontak, masih ada beberapa data yang masih tertinggal atau ditampilkan oleh aplikasi WhatsApp. Lalu bagaimana cara mengatasinya?

Ada 2 cara yang dapat dilakukan untuk menghapus kontak pada aplikasi WhatsApp.

whatsapp bisnis

1. Menghapus Kontak WhatsApp Lewat Aplikasi Kontak Telepon

Aplikasi kontak telepon dan kontak pada aplikasi WhatsApp memiliki data yang terpisah. Saat aplikasi WhatsApp membaca kontak telepon, aplikasi tersebut akan membuat salinan data dari aplikasi kontak telepon sebagai kontak miliknya sendiri.

Untuk bisa menghapus secara permanen kontak pada aplikasi WhatsApp melalui kontak telepon, maka pengguna aplikasi terlebih dahulu harus mengatur daftar kontak agar hanya menampilkan data kontak dari aplikasi WhatsApp saja.

Cara yang digunakan mungkin berbeda-beda pada setiap smartphone, tapi secara umumnya bisa diatur secara langsung dari pengaturan aplikasi kontak itu sendiri. Contohnya pada smartphone Samsung, Anda bisa mengaturnya melalui opsi More (ikon titik tiga) di pojok kanan atas pada aplikasi kontak telepon, lalu Settings, dan ubah Contact to Show ke WhatsApp.

Baca juga: Fitur Yang Ada di WhatsApp Bisnis 

whatsapp bisnis

2. Menghapus Kontak di WhatsApp Dari Aplikasi

Selain menggunakan cara di atas, Anda juga dapat menggunakan cara ini untuk menghapus secara permanen kontak dari aplikasi kontak telepon maupun WhatsApp. Anda dapat menggunakan cara ini untuk dapat langsung menghapus kontak dari aplikasi WhatsApp.

  • Pertama, cari kontak yang ingin Anda hapus
  • Lalu masuk ke percakapan dengan kontak tersebut.
  • Kemudian klik atau tap icon titik tiga dipojok kanan aplikasi dan pilih opsi View Contact.
  • Berikutnya buka opsi More
  • Lalu klik/tap View in address book.
  • Berikutnya Anda akan dialihkan ke aplikasi kontak telepon, lalu cari tombol Delete menghapus kontak tersebut.

Sangat mudah bukan, untuk menghapus sebuah kontak secara permanen dari aplkasi WhatsApp. Cara ini memang sangat mudah jika tidak memiliki banyak kontak yang ingin dihapus. Tapi cara ini juga bisa menjadi menyulitkan jika Anda memiliki banyak kontak yang ingin dihapus.

 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Dengan WhatsApp Blast Kita Bisa Apa Aja

WhatsApp Blast  - Banyak yang bertanya tanya, untuk apa kita menggunakan WhatsApp blast? Dan apa saja yang dapat kita lakukan dengan platfor...