Cerita Bisnis - Sekarang ini ada banyak teknologi/platform dan strategi yang bisa Anda gunakan untuk memasarkan brand Anda, mulai dari media sosial, website, hingga layanan email. Dari sekian banyak teknologi/platform untuk melakukan kegiatan marketing, apakah email marketing masih penting untuk digunakan dalam bisnis?
Jawabannya adalah iya, sangat penting! Beberapa orang pasti
berpikir kalau email blast ini sudah tidak efektif lagi.
Padahal, email marketing ini masih merupakan cara yang paling
efektif untuk menarik pelanggan.
Walaupun saat ini media sosial telah menjadi salah
satu channel yang paling penting untuk bisnis, alasan mengapa email blast masih tetap efektif digunakan adalah karena tidak semua
orang menggunakan/memiliki media sosial. Apalagi jika target konsumen Anda bukanlah
milenial. Walaupun tidak memiliki media sosial, orang-orang tersebut pasti kemungkinan
besar tetap memiliki email yang mereka gunakan untuk kepentingan
pribadi maupun pekerjaan mereka.
Lalu apa yang membuat strategi email marketing ini
masih menjadi salah satu cara yang efektif untuk memasarkan brand Anda?
- Lebih Efektif Untuk Menarik Pelanggan
Sosial media memang lebih efektif untuk berinteraksi dan
membangun hubungan dengan konsumen. Tapi, jika Anda ingin mereka menjadi
pelanggan Anda, strategi email marketing ini merupakan pilihan
yang tepat.
Menurut studi yang dilakukan McKinsey & Company, email
marketing 40% lebih efektif untuk menjangkau konsumen dibandingkan
dengan menggunakan sosial media. Karena email marketing ini tidak
ditentukan berdasarkan algoritma sosial media yang ada, jangkauan pasar bisnis
Anda pun jadi lebih luas.
- Bersifat Lebih Personal
Konsumen biasanya akan lebih responsif kepada pesan yang
bersifat lebih personal. Email marketing memungkinkan Anda untuk
menjangkau konsumen Anda secara lebih personal.
Lewat email, Anda bisa menyesuaikan isi konten
Anda berdasarkan preferensi dan juga riwayat pembelian konsumen Anda. Begitu juga
dengan segmentasi audiens yang dapat Anda atur sendiri.
- Lebih Hemat Biaya
Email marketing memungkinkan Anda untuk
menjangkau target audiens yang lebih luas dengar biaya yang murah. Jika dibandingkan
beriklan lewat brosur atau di media cetak, radio, maupun TV yang jelas
membutuhkan biaya yang lebih besar, email marketing jauh lebih
hemat baik dari segi biaya maupun waktu.
- Mendorong Konsumen Untuk Melakukan Sebuah Tindakan
Sadar atau tidak, kita dilatih untuk merespon setiap email,
baik itu membalas, meneruskannya, mendaftar, membuka halaman lain, dan lain
sebagainya. Anda bisa mendorong konsumen Anda untuk segera melakukan sesuatu melalui
email marketing dengan menambahkan tombol call-to-action.
Tombol ini dapat diarahkan ke banyak hal, seperti
mengarahkan konsumen ke website milik Anda, menawarkan diskon, mengajak mereka
untuk belanja produk Anda, atau membagikan konten ke sosial media. Dengan
adanya tombol call-to-action, pandangan konsumen akan langsung terarah
ke tombol tersebut dan rasa penasaran mereka akan meningkatkan rasa untuk
mengklik tombol tersebut.
- Terukur
Dengan menggunakan bantuan analytic tools untuk email
marketing, Anda tidak perlu lagi menebak-nebak apakah target audiens Anda menerima
email Anda atau tidak, apakah mereka membacanya, dan lain sebagainya. Malalui analytic tools,
Anda bisa mengetahui seberapa efektif campaign yang Anda buat,
berapa banyak orang yang membuka dan mebaca email Anda, berapa banyak yang
mengklik tombol CTA yang Anda buat, dan lain sebagainya.
Dengan mengetahui hal-hal tersebut, Anda jadi bisa mengetahui
preferensi target konsumen Anda, strategi yang berhasil dan yang tidak berhasil,
serta melakukan penyesuaian untuk meningkatkan efektivitas bisnis Anda.
- Bisa Diotomatisasi
Anda tidak perlu membuang waktu untuk mengirim pesan/email
satu persatu ke konsumen Anda. Saat ini, sudah ada banyak automation tools yang
bisa Anda gunakan untuk email marketing bisnis Anda. Dengan mengotomasi
email bisa membantu Anda untuk meningkatkan relevansi dan ketepatan waktu dari
pengiriman pesan Anda.
Misalnya ada seorang konsumen yang mengunjungi web
jualan online milikmu dan sudah memasukkan produk ke shopping
cart tapi ia tidak melanjutkannya ke pembayaran. Dengan otomatisasi
email, kamu bisa mendorong dan mengingatkan konsumen ini untuk melanjutkan
proses pembeliannya. Jadi kamu lebih punya kontrol dan bisa mempersonalisasi
pesan yang ingin kamu sampaikan.
Selain itu, kamu juga bisa menghemat waktu dengan automation
tools kamu tidak perlu membuat pesan yang sama berkali-kali, misalnya
email ‘selamat datang’ atau email ‘terima kasih’ karena kamu bisa
mengirimkannya secara otomatis.
- Dapat Terintegrasi Dengan Channel Marketing Lainnya
Karena kontennya lebih bebas, Anda bisa
mengintegrasikan channel-channel marketing yang lainnya
di dalam body email seperti menambahkan video atau tombol media sosial
pada email. Dengan demikian, email yang Anda kirim ke konsumen pun bisa lebih interaktif
dan bisa mendukung channel marketing lain dari bisnis Anda.
- Meningkatkan Traffic Ke Web Jualan Online
Email marketing merupakan cara yang efektif
untuk mengarahkan konsumen ke website milik Anda, baik itu ke halaman produk
ataupun ke halaman konten blog Anda. Dengan menggunakan email marketing
ini, Anda dapat menginformasikan produk baru kepada mereka sehingga mereka
bisa mengecek produk baru ini di website milik Anda dan akhirnya bisa
meningkatkan pembelian.
Setelah mengetahui pentingnya email marketing ini untuk
bisnis Anda, maka langkah berikutnya apa? Untuk langkah awal, Anda bisa
mengembangkan dulu daftar kontak email bisnis Anda. Ada
beberapa cara untuk menambah daftar kontak email bisnis, salah satunya dengan
meminta konsumen Anda untuk menuliskan email milik mereka untuk mendapatkan
penawaran atau informasi konten pada website milik Anda. Dan yang penting,
jangan lupa untuk selalu memastikan website Anda selalu responsif dan user-friendly.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar