Jualan Online Sukses Dengan Omnichannel

Jualan Online Sukses Dengan Omnichannel
Jualan Online Sukses Dengan Omnichannel


Jika dulu kita ingin berbisnis jual-beli produk, satu-satunya cara untuk menjual produk tersebut adalah dengan menaruh produk tersebut di toko yang kita miliki. Dan konsumen yang ingin berbelanja atau membeli produk yang mereka inginkan, mereka harus datang ke toko Anda untuk membeli dan membayarnya secara langsung.

Akan tetapi, sistem tersebut sudah mulai berubah seiring dengan berkembangnya teknologi.

Saat ini, siapa pun dapat membeli kebutuhan ataupun produk yang mereka butuhkan melalui internet dengan mudah. Terdapat berbagai macam cara untuk berbelanja melalui internet, bisa melalui website e-commerce seperti Tokopedia, Buka Lapak, bisa juga lewat media sosial seperti Instagram, Facebook, atau Twitter.

Jika Anda ingin atau sudah berbisis dengan memanfaatkan banyak channel seperti website e-commerce, media sosial, maupun media yang lainnya. Anda terlebih dahulu harus memahami tentang konsep omnichannel jika ingin bisnis Anda terus berkembang dan berjalan dengan baik.

 

omnichannel
omnichannel

Omnichannel

Omnichannel merupakan sebuah sebutan untuk bisnis yang berjalan dengan menggabungkan beberapa channel seperti menggabungkan toko offline dengan toko online yang dimiliki oleh pebisnis tersebut.

Bisnis yang menggunakan omnichannel harus mampu memberikan pelayanan kepada semua konsumennya dengan sama di semua channel bisnis yang digunakannya. Yang artinya, setiap pelayanan yang diterima oleh konsumen baik itu di channel A, B, atau C, harus sama dan tidak boleh dibeda-bedakan.

 

Cara Menerapkan Omnichannel Dalam Bisnis

Untuk dapat menggunakan omnichannel, para pelaku bisnis harus bisa menggabungkan atau mengintegrasikan semua channel marketnya menjadi satu.

Contohnya, jika bisnis Anda menggunakan platform seperti Facebook, Twitter, dan WhatsApp untuk menerima chat atau pertanyaan dari konsumen. Anda dapat menyatukan semua aplikasi tersebut kedalam satu sistem. Dengan menggabungkan aplikasi tersebut menjadi satu, Anda dapat membalas setiap pesan atau chat yang masuk dari masing-masing channel(aplikasi) hanya dengan membuka satu aplikasi saja.

Selain itu, Anda juga dapat mengintegrasikan toko online dan offline milik Anda. Misalnya, jika Anda berjualan lewat website e-commerce seperti Tokopedia, dan Shopee sekaligus, Anda dapat menggunakan strategi omnichannel dengan menggabungkan ke dua channel tersebut menjadi satu. Dengan menggabungkan channel bisnis tersebut menjadi satu, Anda akan jadi lebih mudah untuk mengawasi serta mengkontrol produk yang terjual maupun yang habis dari setiap toko online yang Anda miliki.


Manfaat Omnichannel Untuk Bisnis Online

Omnichannel memberikan banyak kemudahan bagi para pelaku bisnis online. Keuntungan yang pertama adalah dalam hal komunikasi. Pemilik bisnis dapat menjawab ataupun membalas setiap pesan/chat yang masuk dari konsumen mereka dengan mudah, hanya dari satu platform saja. Hal tersebut tentunya sangat menghemat waktu dan para pemilik bisnis dapat langsung segera membalas pesan atau pertanyaan dari konsumen tersebut dengan cepat sehingga dapat meningkatkan kualitas layanan pada bisnis yang dijalani.

Selain itu, platform omnichannel biasanya sudah disediakan fitur chatbot. Sebuah fitur yang berfungsi untuk membalas pertanyaan yang masuk dari konsumen secara otomatis.

Dengan menggunakan fitur chatbot, maka akan meminimalisir pesan konsumen yang tidak terbalas sewaktu Anda tidak stand by didepan PC/Laptop atau smartphone Anda.

Manfaat omnichannel yang lainnya adalah memudahkan Anda untuk memantau stock pada setiap toko yang Anda miliki. Tanpa menggunakan platform omnichannel, Anda harus mengganti setiap stock di toko yang Anda miliki secara manual dan secara satu persatu. Tapi, jika Anda menggunakan platform omnichannel urusan mengganti atau memerika stock jadi sangat mudah. Anda dapat mengganti, menambah, menghapus, hingga memantau stock produk pada setiap toko Anda dengan mudah hanya dengan menggunakan satu platform saja.

Jadi, Anda akan memiliki banyak waktu produktif lain yang dapat Anda gunakan untuk hal-hal penting yang lainnya. Omnichannel tentunya sangat bermanfaat sekali untuk meningkatkan efisiensi bisnis online milik Anda, serta dapat meningkatkan kepuasan dan juga pelayanan yang didapatkan oleh konsumen Anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Dengan WhatsApp Blast Kita Bisa Apa Aja

WhatsApp Blast  - Banyak yang bertanya tanya, untuk apa kita menggunakan WhatsApp blast? Dan apa saja yang dapat kita lakukan dengan platfor...