WhatsApp Bisnis: Alasan Omnichannel Dibutuhkan

WhatsApp Bisnis - Dalam berbisnis kita tidak boleh mengandalkan naluri ataupun asal tebak-tebak saja. Melainkan, berbisnis itu harus mengandalkan data yang valid agar bisnis yang dijalani dapat berjalan sesuai dengan tujuan yang diharapkan.

Contohnya, jika Anda ingin mengambil keputusan untuk melakukan promosi. Anda pastinya akan melakukan uji coba terlebih dahulu untuk mencari media promosi mana yang paling banyak menarik perhatian konsumen terhadap produk yang Anda tawarkan bukan? Anda pastinya tidak akan main asal tebak dan melakukan promosi disembarang media promosi, yang ujung-ujungnya malah merugikan bisnis Anda dan menghabiskan budget promosi secara tidak jelas.

Dari contoh tersebut Anda pasti bisa menarik kesimpulan jika data itu sangat penting. Apalagi untuk bisnis. Dengan adanya data Anda dapat dengan mudah menarik banyak konsumen untuk melakukan transaksi dibisnis Anda, dan bukan tidak mungkin juga nilai transaksi pada bisnis Anda akan semakin meningkat.

Menurut data yang dapat saat ini, kebutuhan konsumen selama masa pandemi semakin meningkat. Kebanyakan dari mereka lebih menginginkan kemudah serta pengalaman berbelanja yang lebih. Apalagi saat ini toko online ataupun applikasi marketplace sedang ramai digunakan oleh para konsumen.

Untuk memenuhi hasrat dan juga keinginan para konsumen, kebanyakan para pelaku bisnis kini sudah mulai mengubah strategi bisnis mereka dengan menerapkan omnichannel.


WhatsApp Bisnis: Alasan Omnichannel Dibutuhkan
omnichannel


Omnichannel

Omnichannel adalah sebuah channel marketing yang dapat menggabungkan atau menyatukan semua channel marketing bisnis Anda menjadi satu agar lebih mudah di-manage. Dengan menggunakan platform omnichannel, Anda dapat dengan mudah mengatur, memeriksa, mengupdate, dan menginformasikan stock produk Anda dengan mudah. Serta Anda juga dapat membalas banyak pesan yang masuk dari berbagai macam aplikasi chatting seperti, WhatsApp Bisnis, Email, Line, Instagram, Facebook dan lain sebagainya hanya dengan satu aplikasi/platform. Sehingga Anda tidak harus membuka semua aplikasi tersebut satu per satu untuk membalas pesan masuk dari konsumen Anda.

 

Chatbot Dalam Omnichannel

Chatbot adalah sebuah sistem bot atau robot yang dapat membalas pesan masuk dari konsumen secara otomatis, cepat, dan juga tepat tanpa campur tangan manusia. Pengguna chatbot hanya perlu menyediakan pertanyaan serta keyword untuk men-trigger jawaban tersebut agar keluar ketika diatanyakan oleh konsumen. Jadi, ketika konsumen Anda melakukan chat, maka chatbot pun dapat langsung membalas dengan jawaban yang sudah ada siapkan sebelumnya. Fitur Chatbot ini juga terdapat pada aplikasi WhatsApp Bisnis yang biasa digunakan oleh para pemilik bisnis untuk menjawab pesan dari konsumennya secara otomatis dan cepat.

 

WhatsApp Bisnis: Alasan Omnichannel Dibutuhkan
omnichannel

WhatsApp Bisnis: Alasan Omnichannel Dibutuhkan

  1. Konsumen Menggunakan Banyak Channel Saat Ini

Semakin berkembangnya teknologi saat ini, maka semakin banyak juga channel- channel atau pilihan dalam melakukan transaksi atau berbelanja. Saat ini, konsumen dari toko fisik mulai beralih ke toko digital atau toko online. Karena dari toko online ini, mereka dapat berbelanja dari website, aplikasi, maupun media sosial.

Para pemilik usahapun mulai beralih dan juga membuka cabang mereka melalui toko online agar mereka tidak kehilangan konsumen untuk bisnis mereka. Akan tetapi, jika hal tersebut dilakukan tanpa menggunakan omnichannel, pastinya akan sangat sulit sekali untuk mengatasi kebiasaan konsumen yang sangat senang berbelanja diberbagai macam channel.

 

  1. Konsumen Saat Ini Menggunakan Banyak Devices

Saat ini orang-orang menggunakan berbagai macam device atau perangkat untuk mendukung kegiatan mereka sehari-hari. Mulai dari bekerja, melakukan perjalanan, berolah raga, hingga berbelanja. Mereka semua memanfaatkan perangkat tersebut sesuai dengan kebutuhan mereka, ada yang menggunakan smartphone, tablet, PC/Laptop dan lain sebagainya.

Hal ini menunjukan Anda sebagai pebisnis harus siap mengatisipasi konsumen yang menggunakan perangkat yang berbeda-beda untuk mengakses bisnis Anda. Anda harus bisa mempersiapkan segala macam hal tersebut agar bisnsi Anda dapat diakses oleh semua konsumen dengan mudah melalui perangkat yang mereka punya. Jika Anda menggunakan platform omnichannel, Anda sudah tidak perlu lagi pusing bagaimana cara meng-integrasikan semua channel bisnis Anda.

Karena dengan platform omnichannel ini, Anda dapat dengan mudah meng-integrasikan semua channel bisnis Anda menjadi satu aplikasi dan tentunya dapat dengan mudah diakses oleh semua konsumen bisnis Anda melalui berbagai macam jenis perangkat.

 

  1. Tersedia 24 Jam

Banyak konsumen yang saat ini mungkin memiliki waktu yang sibuk dipagi hari, entah itu karena pekerjaan ataupun urusan yang tidak dapat ditinggal. Hal ini tentunya membuat waktu berbelanja mereka berkurang, apalagi setiap supermarket ataupun tempat berbelanja yang lainnya memiliki jam tutup yang tentunya jarang ada yang buka selama 24 jam. Hal ini tentunya membuat sebagian besar konsumen kecewa karena tidak dapat berbelanja apa yang mereka butuhkan.

Dengan meng-integrasikan toko offline Anda dengan platform omnichannel, maka buka tidak mungkin Anda tetap dapat berbisnsi selama 24 jam non stop. Anda dapat memanfaatkan fitur-fitur atau layanan yang tersedia didalam platform omnichannel seperti Chatbot untuk membalas pesan secara otomatis dan cepat, WhatsApp Blast dan Email Blast untuk membagikan informasi kepada konsumen bisnis Anda dengan cepat dan mudah.

 

  1. Respond Yang Tanggap

Hal yang paling terpenting dalam sebuah bisnis adalah mengenai layanan. Meskipun produk yang dijual sangat bagus dan dengan harga yang murah, tapi jika tidak diimbangi dengan pelayanan yang bagus maka konsumen pun akan enggan untuk berbisnsi ditempat Anda, malah mereka akan lari dan berbisnis di tempat kompetitor Anda.

Oleh karena itu, sangat penting bagi Anda untuk meningkatkan kualitas layanan pada bisnsi Anda. Anda bisa dengan mudah meningkatkannya jika Anda mengaplikasikan strategi omnichannel pada bisnis yang Anda jalani.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Dengan WhatsApp Blast Kita Bisa Apa Aja

WhatsApp Blast  - Banyak yang bertanya tanya, untuk apa kita menggunakan WhatsApp blast? Dan apa saja yang dapat kita lakukan dengan platfor...