Strategi Marketing Dengan Teknologi

Strategi Marketing Dengan Teknologi
Strategi Marketing Dengan Teknologi


Strategi Marketing Email Blast - Membuat sebuah rencana atau strategi itu tidak sesimple dan segampang seperti membicarakannya. Masih cukup banyak pemilik bisnis yang beranggapan jika promosi dan pemasaran hanya tinggal mengiklankan produk yang kita miliki melalui media digital dan menunggu calon konsumen menghubungi kita.

Padahal strategi pemasaran itu sangatlah kompleks. Apalagi di era saat ini, yang dimana teknologi semakin berkembang dan cara mempromosikan produkpun semakin beraneka macem jenis medianya.

Jika promosi dengan cara konvensional saja strategi pemasarannya sudah terbagi-bagi, apalagi saat ini. Yang mana teknologi memiliki berbagai macam jenisnya. Tentunya akan lebih banyak lagi variasi strategi marketing yang dapat dilakukan.

Anda harus benar-benar bekerja keras untuk menemukan dan membuat strategi yang tepat untuk bisnis yang Anda jalani. Untuk mempermudah Anda, saya telah membuatkan rangkuman jenis strategi marketing yang efektif dan bisa Anda manfaatkan untuk bersaing dengan para kompetitor Anda diera teknologi seperti saat sekarang ini.


Strategi Marketing Dengan Teknologi

Strategi Marketing Dengan Teknologi
Strategi Marketing Dengan Teknologi


Strategi Online Marketing

Online marketing adalah strategi marketing yang memanfaat teknologi internet untuk menjalankan strateginya. Untuk mendapatkan perhatian dari konsumen, strategi online marketing ini memanfaatkan media sosial, website, email, dan lain sebagainya, sebagai media utamanya. Agar mendapatkan perhatian dari konusmen, biasanya strategi ini memanfaatkan platform iklan berbayar atau membuat konten yang berkualitas dan dibagikan melalui media online.

Postingan konten yang dibuat dan diupload ke media sosial tentunya dapat dilihat oleh jutaan orang pengguna sosial media tersebut diseluruh dunia. Jika menggunakan strategi ini, dimanapun bisnis Anda berada, bisnis Anda akan tetap dapat dilihat dan diakses oleh seluruh orang didunia.

 

Strategi Call To Action

Call to action atau yang biasa dikenal dengan CTA adalah sebuah strategi mareketing yang menggunakan pernyataan yang dirancang untuk mendapatkan respon langsung dari orang yang membaca atau mendengarnya. Jika Anda menemukan kata-kata imperatif seperti “dapatkan informasi lengkap hanya di sini”, “dapatkan sekarang juga, promo terbatas”, “tonton video ini” dan lain sebagainya, berarti Anda telah terpapar strategi ini. Tujuan diaplikasikannya CTA adalah untuk mendapatkan klik atau pindaian kode QR.

 

Strategi Email Marketing

Seperti namanya, strategi marketing jenis ini menggunakan platform email sebagai media untuk menyebarkan informasi promosinya. Biasanya pemilik bisnis atau yang orang yang menjalankan strategi ini akan mengirimkan email marketing kepada konsumen maupun calon konsumen bisnisnya. Tujuannya adalah untuk menjaring konsumen baru serta menawarkan produk terbaru kepada mereka, memberikan update terbaru terkait bisnis Anda kepada para konsumen setia bisnis Anda. Strategi ini dinilai sangat efektif karena bersifat lebih personal dan email yang dikirimpun akan langsung masuk ke dalam inbox penerima email.

 

Strategi Inbound Marketing

Inbound marketing merupakan strategi marketing yang menggunakan media konten dan juga menjalin interaksi dengan para konsumennya, dengan tujuan mendekatkan mereka kedalam bisnis yang dijalani.

Strategi inbound marketing ini memanfaatkan kebiasaan konsumen yang hampir setiap harinya menggunakan internet. Strategi Inbound marketing ini memaksimalkan fungsi dari media sosial, Email, Search Engine, Website, dan juga Blog. Melalui platform-platform tersebut, pemilik bisnis dapat menyesuaikan konten yang akan mereka bagikan kepada konsumen.

 

Strategi Content Marketing

Content marketing adalah sebuah strategi marketing yang berorientasikan pada pembuatan dan pengiriman konten yang relevan, menarik, dan sesuai dengan target konsumen yang dituju. Konten-konten pada strategi content marketing ini dapat berupa foto, video, artikel, audio, dan lain sebagainya, asalkan relevan dengan tujuan konten tersebut dibuat. Hal tersebut merupakan kunci keberhasilan dari strategi content marketing ini.

 

Strategi Search Engine Marketing

Search engine marketing (SEM) adalah sebuah strategi marketing yang berguna untuk meningkatkan visibilitas website yang kita miliki pada halaman hasil mesin pencari. Atau dengan kata lain menggunakan platform iklan Google untuk mendatangkan traffict kedalam website yang kita miliki.

Strategi ini dinilai cukup efektif dikarenakan mesin pencari seperti Google, Bing, Yahoo masih banyak digunakan sampai saat ini. Baik itu digunakan untuk mencari informasi suatu produk ataupun informasi yang lainnya. Dengan memanfaatkan strategi SEM ini, Anda sebagai pemilik bisnis dapat meningkatkan kemungkinan calon konsumen untuk mengujungi website yang Anda miliki.

 

Strategi Social Media Marketing

Strategi ini sama seperti namanya. Strategi ini memanfaatkan platform media sosial untuk mempromosikan produk ataupun bisnis yang kita miliki kepada para pengguna media sosial yang lainnya. Selain menggunakan search engine, konsumen saat ini juga cenderung memanfaatkan media sosial untuk mencari informasi ataupun produk yang mereka cari.

Anda juga dapat memanfaatkan media sosial untuk mempromosikan bisnis Anda kepada konsumen maupun calon konsumen, guna meningkatkan penjualan pada bisnis Anda.

Setelah Anda mengetahui tentang beberapa jenis strategi marketing yang memanfaatkan teknologi digital saat ini, kini saatnya Anda mulai menentukan strategi marketing mana yang sesuai dan cocok dengan bisnis yang Anda miliki. Lalu, lakukan pengamatan dan juga evaluasi setelah Anda menjalankan strategi tersebut, hal ini sangat berguna untuk mengetahui apakah strategi tersebut berhasil dan cocok untuk digunakan ke dalam bisnis Anda atau tidak.

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Dengan WhatsApp Blast Kita Bisa Apa Aja

WhatsApp Blast  - Banyak yang bertanya tanya, untuk apa kita menggunakan WhatsApp blast? Dan apa saja yang dapat kita lakukan dengan platfor...