9 Perbedaan WhatsApp Bisnis dengan WhatsApp Biasa

Cerita Bisnis - Perkembangan teknologi yang pesat sepertinya tidak membuat WhatsApp merasa puas diri dalam berkarya. Hal ini diwujudkannya dalam sebuah inovasi yang sudah dirilis secara resmi, bernama WhatsApp Business. Dilansir dari situs resmi WhatsApp, WhatsApp Business merupakan aplikasi chatting yang dapat di unduh secara gratis oleh semua perangkat, baik itu perangkat Android maupun perangkat iOS. Tujuan utama dari Aplikasi WhatsApp Business ini adalah untuk mempermudah para pelaku bisnis agar dapat berinteraksi langsung dengan para konsumen mereka.

Lalu, apa saja yang menjadi perbedaan antara WhatsApp Business dengan WhatsApp yang biasa? Berikut ini adalah ulasan lengkapnya.

WhatsApp Bisnis


1. Perbedaan logo

Perbedaan yang pertama kali terlihat adalah perbedaan logo pada aplikasi. WhatsApp Business masih memiliki logo yang sama dengan logo aplikasi orisinalnya. Hanya saja terdapat perbedaan pada bagian tengahnya logonya, yaitu terdapat huruf ‘B’ kapital yang berbeda dari logo di WhatsApp biasa.

 

2. Adanya profil bisnis

WhatsApp Business memang sengaja dibuat dan didesign untuk dapat digunakan oleh para pengusaha kecil. Oleh karena itu aplikasi ini akan menuntut Anda untuk membuat profil yang berisi deskripsi tentang bisnis anda, alamat email, hingga alamat tempat usaha serta situs website jika usaha Anda memilikinya. Hal ini berfungsi agar konsumen jadi lebih mudah untuk mendapatkan informasi dari bisnis Anda.

 

3. Fitur balas cepat

Banyaknya konsumen yang menanyakan sesuatu terkadang bisa membuat Anda kesulitan dalam membalas pesan mereka dengan cepat. Adanya fitur balas cepat ini, dapat memudahkan pekerjaan Anda dalam menjawab pesan-pesan yang dikirimkan oleh konsumen Anda dengan cepat. Tidak hanya pertanyaan umum saja yang dapat dibalas dengan cepat, fitur balas cepat ini juga dapat membalas seperti ucapan salam dan pesan di luar jam kerja juga dapat menjadi pilihan untuk membalas, bahkan saat Anda sedang sibuk.

 

4. Bebas memilih kategori bisnis

WhatsApp Business juga dapat menginformasikan mengenai profil bisnis, lokasi bisnis hingga jam operasional bisnis Anda. Sebagai pelaku bisnis Anda juga bisa memilih kategori bisnis yang tersedia. Adanya fitur ini juga sangat membantu Anda agar konsumen atau calon konsumen Anda bisa lebih mengetahui bisnis apa yang sedang Anda jalankan.

 

5. Analisis pesan interaksi antara pembeli dan penjual

Pentingnya sebuah data interaksi yang dimiliki oleh para pelaku bisnis menjadi poin penting yang dipertimbangkan oleh pihak developer WhatsApp Business. Dalam aplikasi WhatsApp Business ini, Anda bisa melihat data statistik yang dapat Anda jadikan sebagai bahan pertimbangan dalam mengembangkan usaha bisnsi Anda.

 

6. Kategori pesan masuk melalui label

Adanya fitur ‘label’ dalam WhatsApp Business memungkinkan Anda untuk dapat mengatur pesan masuk tertentu. Hal ini memudahkan Anda untuk mengorganisir komunikasi dengan konsumen. Fitur ini tidak terdapat pada WhatsApp biasa. Dengan adanya fitur ini, pebisnis mengaku lebih dimudahkan dalam mengatur hal-hal yang penting dalam bisnis mereka.

 

7. Tidak ‘melulu’ pakai nomor ponsel

Kelebihan saat Anda menggunakan WhatsApp Business adalah Anda bisa memasukkan nomor telepon rumah atau perusahaan untuk berkomunikasi dengan konsumen Anda. Jadi tidak harus menggunakan nomor ponsel pribadi seperti pada WhatsApp biasa.

 

8. Centang hijau

Dalam pembuatan akun WhatsApp Business membutuhkan verifikasi. Proses verifikasi memang membutuhkan nomor telepon akun yang cocok dengan nomor telepon bisnis milik Anda. Apabila keduanya cocok, maka Anda akan mendapatkan logo centang hijau di samping nama akun. Hal ini juga yang menjadi perbedaan WhatsApp Business dengan WhatsApp biasa.

 

9. Nama dalam akun WhatsApp Business tidak bisa berubah

Berbeda dengan WhatsApp biasa yang memukinkan penggunanya untuk mengubah profilnya sendiri, WhatsApp Business ini justru kebalikannya. Saat memulai aplikasi WhatsApp Business, Anda diminta untuk memasukkan nomor telepon. Setelah itu Anda akan menerima kode untuk melakukan verifikasi data. Lalu, Anda akan diminta untuk memasukkan nama akun bisnis di WhatsApp Business dan tentunya Anda akan mendapatkan peringatan di awal bahwa nama dalam profil tersebut tidak dapat dirubah lagi.

 

Itulah 9 perbedaan yang membedakan antara WhatsApp Business dengan WhatsApp biasa. Keduanya memiliki kelebihan, keunggulan serta manfaatnya masing masing.

 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Dengan WhatsApp Blast Kita Bisa Apa Aja

WhatsApp Blast  - Banyak yang bertanya tanya, untuk apa kita menggunakan WhatsApp blast? Dan apa saja yang dapat kita lakukan dengan platfor...