Cerita Bisnis - Terlepas dari apapun platform yang Anda gunakan sebagai Email Marketing, hal tersebut tidak mempengaruhi tingkat klik email yang telah Anda kirimkan.
Satu-satunya yang
mempengaruhi tingkat klik email adalah pada bagian subject email. Karena subject
email yang pertama kali dilihat dan dibaca penerima email tersebut.
Oleh karena itu,
sangat penting bagi Anda untuk membuat subject email yang dapat menarik perhatian
orang untuk meng-klik email yang Anda kirim.
Tapi Anda juga
pasti tidak ingin email Anda hanya dibuka tanpa dibaca dan dicerna oleh
penerima email. Itulah sebabnya, Anda harus memperhatikan hal-hal berikut yang
dapat dilakukan agar penerima email mau meng-klik dan membaca email dari Anda.
#1. Meminta Klik
Ketika Anda
menulis sebuah Email Blast Gratis, tentunya Anda tidak mungkin hanya menulis menggunakan
kalimat yang panjang tanpa adanya sebuah link. Pastinya setiap email marketing
memiliki sebuah tujuan.
Link yang diberikan
biasanya akan membawa pembaca ke sebuah situs yang di arahkan oleh pengirim
email. Link tersebut biasanya mengarah ke sebuah konten artikel, video, ebook
gratis, prduk, promo, dan lain-lain.
Masalahnya adalah
bagaimana membuat penerima email tersebut meng-klik email yang Anda kirim.
Yang bisa Anda
lakukan adalah dengan menjelaskan benefit dari link yang telah Anda
rekomendasikan.
Yang perlu
diingat adalah, jangan pernah menaru sebuah link tanpa adanya penjelasan
mengenai link tersebut. Alasannya, selain bisa di anggap spam, link tersebut
juga bisa dianggap link penipuan oleh penerima email.
#2. Gunakan Pertanyaan
Anda dapat
menyertakan sebuah pertanyaan pada subject email Anda. Hal ini tentunya akan
mendorong minat penerima email untuk membuka email dari Anda.
Anda pun juga
dapat menyematkan kalimat tanya pada body email. Hal ini sangat berguna karena
akan meningkatkan kemungkinan email Anda dibuka oleh penerima email.
#3. Bisa disertakan Note/PS/atau Catatan
Jika penerima
email penasaran dan membuka email dari Anda, pastinya dia akan membaca
keseluruhan isi dari email yang Anda kirim.
Untuk dapat memaksimalkan
informasi atau penawaran yang Anda buat, Anda dapat memanfaatkan sebuah catatan
kecil untuk memperjelas maksud dan tujuan Anda mengirim email tersebut.
#4. Gunakan Curiosity
Anda juga dapat
memanfaatkan rasa penasaran seseorang untuk meraih klik yang tinggi pada email
Anda. Hal ini dapat Anda terapkan pada strategi email marketing.
Anda dapat
memberikan penjelasan yang singkat lalu bisa menambahakn link dengan CTA yang
tepat agar pembaca email tersebut menjadi penasaran dan mengklik link tersebut.
#5. Berikan Tingkat Urgensi
Strategi
marketing yang dapat dilakukan tidak hanya untuk mengedukasi calon customer
melalui konten artikel saja. Para pelaku bisnis yang menerapkan strategi yang
sama tentunya juga menggunakan email marketing untuk melakukan penawaran
berbagai produk bisnisnya.
Untuk itulah,
ketika Anda menawarkan sebuah produk atau jasa, sertakanlah sebuah deadline
atau urgensi yang mendesak untuk calon customer Anda. Hal ini bertujuan untuk
membuat costumer Anda tidak memiliki waktu untuk berpikir panjang dan langsung
mengambil penawaran yang Anda berikan.
Namun ada satu
yang harus Anda ingat.
Jika Anda
memberikan sebuah urgensi atau deadline, itu sama saja Anda membuat sebuah
janji. Yang artinya, Anda harus benar-benar menepati hal tersebut sesuai dengan
apa yang Anda janjikan sebelumnya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar