Diera yang serba maju seperti sekarang ini, email marketing sering kali digunakan untuk membantu memasarkan produk ataupun branding. Email blast gratis biasanya berisi sebuah penawaran dari suatu produk ataupun jasa yang ditawarkan oleh para pengusaha lengkap dengan seluruh informasi mengenai produk/jasa tersebut. Bukan hanya pengusaha besar saja yang dapat melakukan email marketing, Anda pun juga dapat melakukannya untuk mengembangkan usaha/bisnis yang Anda jalani.
Ada banyak metode untuk melakukan email marketing seperti
direct email, retention email, atau menggunakan email orang lain atau milik
pribadi untuk melakukan promosi produk/jasa. Anda juga dapat menggunakan
bantuan software atau tools yang dapat mempermudah proses dari Email marketing
ini.
Anda dapat menggunakan email blast marketing tools seperti MailChimp,
Send Blaster dan aplikasi email marketing lainnya yang sudah banyak tersedia di
Internet baik yang berbayar maupun yang gratis.
Sebagai catatan, ketika Anda mau menggunakan email marketing
untuk keperluan promosi atau branding, Anda harus memperhatikan hal-hal berikut
yang dapat meningkatkan kemungkinan email Anda dibaca oleh penerima email. Hal
hal yang harus diperhatikan seperti:
1. Buat judul atau subject email yang menarik
Hal pertama yang harus Anda perhatikan ketika melakukan
email marketing adalah judul atau subjek dari email yang Anda buat. Anda harus bisa
membuat judul email yang semenarik mungkin untuk meningkatkan daya beli para
konsumen. Anda bisa membuat judul email yang singkat padat dan jelas. Judul
email yang baik harus bisa mewakilkan isi email yang Anda buat tersebut. Karena
judul email adalah hal yang pertama kali dilihat dan dibaca oleh para pelanggan
atau calon pelanggan Anda.
2. Cek lagi alamat email yang dituju
Pastikan alamat email yang Anda tuju aktif dan tersedia. Anda
dapat membuat list dengan menggunakan aplikasi spretsheet untuk membuat list
alamat email yang Anda akan kirim email blast. Menggunakan bantuan list ini
juga sangat berguna karena memudahkan dalam melakukan email blasting kesemua
kontak email.
3. Penulisan email yang baik dan benar
Salah satu hal yang perlu diperhatikan dalam tata cara
penulisan email adalah bahasa yang digunakan. Gunakan bahasa yang sopan, baik
dan benar.
Jika target penerima email Anda adalah orang yang bisa
berbahasa inggis, maka gunakanlah bahasa inggris yang baik dan benar. Begitu
juga jika targetnya adalah orang Indonesia, maka gunakanlah bahasa yang sopan
dan sesua EYD. Hindari bahasa-bahasa gaul atau bahasa yang tidak sopan,
guanakanlah bahasa yang sopan dan santu ketika menulis sebuah email.
4. Isi email harus dapat dimengerti oleh penerima
Selain cara penulisan email, Anda juga harus memperhatikan
isi email yang akan dikirim. Karena yang Anda kirim adalah email bersifat
marketing, maka untuk isi emailnya harus berisi penjelasan tentang produk
ataupun jasa yang Anda tawarkan secara singkat, jelas dan padat. Selain
informasi mengenai prduk/jasa yang Anda tawarkan, Anda juga harus mencantumkan
informasi kontak yang dapat dihubungi jika pelanggan/calon pelanggan mempunyai
pertanyaan yang lain mengenai produk/jasa yang Anda tawarkan.
5. Waktu pengiriman
Lakukan sebuah research tentang waktu pengiriman email yang
baik, jangan sampai Anda mengirim email tengah malam atau pada saat-saat
tertentu yang tidak pas waktunya.
Mencari tahu tentang waktu yang pas untuk mengirim email ini
akan meningkatkan kemungkinan email Anda dibaca dan dibuka oleh penerima email.
6. Tes email sebelum dikirim
Yang terakhir tapi tidak kalah penting adalah mengecek email
sebelum dikirim. Anda harus mengecek lagi emailnya sebelum dikirim apakah ada
kata-kata yang typo atau kurang pas dan juga pastikan email yang Anda kirim ini
dapat dibuka dari perangkat mana saja.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar