Jenis Jenis Strategi Digital Marketing Selain Email Blast

Email Blast Gratis - Berikut ini adalah jenis-jenis strategi digital marketing yang populer dan paling banyak digunakan pada saat ini.


Email Blast Dan Kesalahan Dalam Penerapannya
Email Blast Dan Kesalahan Dalam Penerapannya

  1. SEO (Search Engine Optimization)

Search engine optimization atau SEO adalah sebuah cara untuk mengoptimasi website yang kita miliki agar dapat muncul di halaman satu pada mesin pencari. Sebagian besar traffict pada website datang dari search engine miliki Google. Website yang Anda miliki dapat lebih mudah ditemukan oleh konsumen Anda jika menerapkan strategi SEO. Terdapat dua teknik dalam strategi SEO, yaitu teknik on-page SEO dan teknik off-page SEO.

 

  1. Social Media Marketing

Social media marketing adalah sebuah strategi untuk mempromosikan bisnis dengan menggunakan strategi tertentu dan dengan memanfaatkan platform media sosial sebagai inti utama dari strategi SMM ini. Penjelasan secara sederhanannya adalah Anda dapat mempromosikan produk/jasa yang Anda jual menggunakan media sosial. Meskipun platform media sosial digunakan sebagai inti dari strategi SMM ini, akan tetapi strategi yang jitulah yang menjadi faktor utama dan penentu keberhasilan dari SMM ini.

Anda tidak bisa langsung membuat akun sosial media untuk bisnis Anda guna mempromosikan produk yang dijual melalui sosial media. Perlu adanya riset yang mendalam tentang pemilihan platform media sosial yang cocok dengan bisnis dan calon konsumen yang Anda tuju. Anda juga harus menetapkan goals atau tujuan yang ingin dicapai dari strategi SMM ini untuk mengetahui seberapa efektifkah strategi SMM ini untuk bisnis Anda.

 

  1. Pay Per Click

Pay per click atau PCC merupakan salah satu model digital marketing yang memukinkan Anda untuk membuat iklan dan mempublikasikannya secara online dan Anda hanya membayar iklan Anda jika diklik oleh audiens. Sistem iklan PPC ini banyak digunakan oleh perusahaan besar seperti Google, TikTok, Facebook, Instagram, dan lain sebagainya.

Model iklan PPC ini sangat cocok untuk digunakan pada saat ini, mengingat kebanyakan orang saat ini sudah familiar dengan internet dan Google untuk mencari informasi ataupun produk yang mereka butuhkan melalui internet. Selain itu, model iklan PPC ini juga lebih efektif, efisien, dan lebih murah daripada model iklan tradisional. Hal itu dikarenakan Anda dapat mengatur sendiri berapa budget untuk beriklan menggunakan model iklan PPC ini. Beberapa penyedia platform iklan PPC antara lain, Google Ads, Facebook Ads, Instagram Ads, dan lain sebagainya.


 BACA JUGA: Email Blast Dan Kesalahan Dalam Penerapannya


  1. Content Marketing

Content marketing merupakan salah satu strategi pemasaran yang mengandalkan konten yang menarik dan relevan sebagai inti dari kegiatan pemasarannya.

Konten yang digunakan untuk kegiatan konten marketing tidak dibuat secara asal. Terdapat hal penting dalam pembuatan konten untuk kegiatan content marketing ini. Konten yang dibuat harus memenuhi 3 syarat penting konten marketing

  1. Penting
  2. Relevan
  3. Konsisten

Kita harus mengikuti 3 syarat tersebut agar dapat membuat konten marketing yang baik. Dari ketiga syarat tersebut, syarat ke-dua yaitu relevan sangat penting untuk diperhatikan. Anda diharuskan untuk membuat konten yang relevan dengan bisnis Anda jika ingin menerapkan strategi konten marketing pada bisnis Anda.

Akan tetapi, konten yang relevan saja tidak akan cukup untuk menarik perhatian audiens. Anda juga perlu mengetahui apakah konten yang Anda buat tersebut cocok atau tidaknya dengan konsumen yang Anda tuju. Anda dapat membuat skala prioritas yang berisi topik-topik yang relevan untuk setiap target audiens yang Anda tuju.

 

  1. Email Marketing

Email marketing adalah sebuah strategi digital marketing yang memanfaatkan platform Email Blast untuk mem-blast pesan email kepada seluruh konsumen dengan mudah dan cepat. Sejak awal ditemukan hingga saat ini, teknologi email terus berkembang dan semakin meningkat. Jika dulu email hanya digunakan untuk kebutuhan mengirim pesan saja, saat ini email sudah banyak digunakan untuk kegiatan marketing seperti promosi, mengirimkan newsletter, dan lain sebagainya.

Beberapa konsumen mungkin menganggap jika sebagian email marketing mengganggu atau bahkan terkesan seperti spam. Akan tetapi, jika strategi tersebut dilakukan dan digunakan dengan baik dan benar, maka bukan tidak mungkin keuntungan besar yang akan Anda dapatkan.

Studi yang dilakukan oleh McKinsey and Company mengatakan jika strategi email marketing ini 40 kali jauh lebih efektif untuk menjangkau konsumen dibandingkan dengan strategi sosial media marketing. Tingginya tingkat efektivitas ini disebabkan karena sifat email yang personal, yaitu email yang dikirim akan langsung masuk kedalam inbox email milik penerima.

Selain itu, saat ini telah banyak konsumen yang merasa terbantu dengan menjadi subscriber email newsletter dan marketing karena sering mendapatkan penawaran khusus maupun informasi penting yang tentunya sangat berguna untuk mereka. Penawaran khusus ini dapat berupa potongan harga hingga voucher diskon untuk produk yang dijual.

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Dengan WhatsApp Blast Kita Bisa Apa Aja

WhatsApp Blast  - Banyak yang bertanya tanya, untuk apa kita menggunakan WhatsApp blast? Dan apa saja yang dapat kita lakukan dengan platfor...